Pages

Selasa, 02 Desember 2014

Pemasaran Produk

  • Promosi  Produk

            Apabila melihat aspek promosi dan pesaing memang produk kami sudah cukup dikenal dekat dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi kalangan anak remaja. Kami berusaha untuk berinovasi dan berkreasi pada produk yang kami jual agar para konsumen tertarik dan berminat untuk membeli produk kami. Aspek Promosi ini adalah unsur yang sangat dibutuhkan dan menjadi bagian utama dalam strategi pemasaran untuk perusahaan kami. Suatu kegiatan promosi tak hanya sekedar memasarkan dan memberitahukan kepada konsumen atas produk kami.
            Dalam aspek promosi ini kami menggunakan media cetak dalam berbagai bentuk serta pemanfaatan media sosial secara efektif.  Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan produk kami. Aspek promosi tak hanya sekedar memperkenalkan tetapi juga memberikan penawaran yang menarik bagi konsumen. Penawaran akan terus dilakukan dengan berbagai bentuk seperti untuk 10 pembeli pertama akan mendapatkan souvenir dari kami dan selain itu akan mendapatkan potongan harga pada akhir penjualan nanti. Itulah sistem awal dalam peenjualan kami untuk menarik konsumen dalam target penjualan awal kami.
            Aspek yang lainnya yaitu aspek pesaing. Aspek ini sifatnya sangat penting karena sebuah rencana penjualan tidak akan berjalan dengan baik. Disini kami melakukan beberapa observasi dilapangan dengan melihat para pesaing di pasar. Setelah kami simpulkan untuk prospek penjualan kami masih memilki peluang terutama dalam penjualan produk “pok-pok bulet” ini masih terbilang jarang dikalangan penjual makanan ringan. Begitu pula dengan “puding nyusss” meskipun sudah banyak inovasi dan penjual puding tapi hal itu tidak menyurutkan kami untuk menjual produk tersebut karena kami memiliki pembeda atau ciri khas tersendiri dalam produk kami yang satu ini.

  •  Pemasaran Produk

Setiap perusahaan yang didirikan perlu mempunyai tujuan yang jelas mengenai berbagai target dalam sebuah pencapain suatu usaha. Target tersebut meliputi dua bentuk yaitu berupa target dalam hal materi dan non-materi. Tahapan mengidentifikasian sangat diperlukan untuk mengetahui segmen dan kebutuhan pasar. Hal ini dilakukan cara melakukan observasi secara langsung untuk memperoleh informasi secara langsung terhadap keadaan pasar dan mengenai peluang yang dapat diperoleh.
            Dari observasi ini kami dapat melihat bahwa dua produk kami ditujukan untuk berbagai lapisan masyarakat dari semua penjuru daerah khususnya yang berdomisili di daerah Tangerang dan sekitarnya. Produk usaha ini adalah berupa jajanan ringan atau cemilan dan segmentasinya mengarah kepada sektor anak muda atau remaja. Kalangan remaja juga sebagai salah satu tujuan awal dalam pemenuhan target dari komoditas penjualan awal perusahaan kami. Dengan memberikan cita rasa terbaik, kualitas dan harga yang menarik menjadikan strategi kami dalam rencana segmen perusahaan serta juga untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin lama semakin membutuhkan inovasi baru terutama dibidang kuliner.
            Dilihat dari segi peluang usaha ini berpotensi baik untuk kedepannya dilihat dari cita rasa yang berbeda serta harga yang terjangkau menjadikan peluang untuk mendapat pelanggan yang banyak dan besar. Faktor lainnya yaitu tetap mengutamakan mutu dari produk kami sendiri sebelum sampai di tangan para konsumen.
            Suatu penjualan produk yang dapat dikatakan berhasil dapat dilihat dari segi perencanaan penjualannya. Perencanaan penjualan sangat dibutuhkan mengingat suatu target penjualan disuatu perusahaan tidak akan tercapai apabila tidak memiliki konsep dan strategi penjualan yang baik. Perusahaan kami mengguanakan spanduk, brosur dan lainnya sebagai media cetak untuk memperkenalkan usaha kami kepada konsumen. Selain itu, dengan  melakukan door to door  di mulai dari lingkungan sekitar tempat tinggal. Lalu dengan menyebarkan usahanya dengan menggunakan teknologi berupa penggunaan sosial media dengan baik dan benar.

             Selain itu, usaha penjualan dari produk kami ini terletak di kantin sekolah SMK Prudent School dan tepatnya pada ruangan keuangan yang nantinya akan diselenggarakan sebuah bazar makanan. Dan perusahaan kami menjadi salah satu anggota pengisi acara tersebut. Dengan diselenggarakannya acara yang sangat bermanfaat ini kami sangat senang karena dapat memperkenalkan dan memasarkan produk kami secara langsung sekaligus launching produk kami untuk pertama kalinya. Hal ini kami gunakan juga sebagai awal untuk mencari konsumen. Penjualan kami tidak hanya dilakukan di satu tempat atau stand kami saja tetapi, ada salah satu karyawan kami yang akan melakukan penjualan keliling yang lokasinya masih berada di sekitar sekolah. 

0 komentar:

Posting Komentar