- Promosi Produk
Apabila melihat aspek promosi dan
pesaing memang produk kami sudah cukup dikenal dekat dalam kehidupan
sehari-hari terutama bagi kalangan anak remaja. Kami berusaha untuk berinovasi
dan berkreasi pada produk yang kami jual agar para konsumen tertarik dan
berminat untuk membeli produk kami. Aspek Promosi ini adalah unsur yang sangat
dibutuhkan dan menjadi bagian utama dalam strategi pemasaran untuk perusahaan
kami. Suatu kegiatan promosi tak hanya sekedar memasarkan dan memberitahukan
kepada konsumen atas produk kami.
Dalam aspek promosi ini kami menggunakan
media cetak dalam berbagai bentuk serta pemanfaatan media sosial secara
efektif. Hal ini dilakukan untuk
memperkenalkan produk kami. Aspek promosi tak hanya sekedar memperkenalkan
tetapi juga memberikan penawaran yang menarik bagi konsumen. Penawaran akan
terus dilakukan dengan berbagai bentuk seperti untuk 10 pembeli pertama akan
mendapatkan souvenir dari kami dan selain itu akan mendapatkan potongan harga
pada akhir penjualan nanti. Itulah sistem awal dalam peenjualan kami untuk
menarik konsumen dalam target penjualan awal kami.
Aspek yang lainnya yaitu aspek
pesaing. Aspek ini sifatnya sangat penting karena sebuah rencana penjualan
tidak akan berjalan dengan baik. Disini kami melakukan beberapa observasi dilapangan
dengan melihat para pesaing di pasar. Setelah kami simpulkan untuk prospek
penjualan kami masih memilki peluang terutama dalam penjualan produk “pok-pok
bulet” ini masih terbilang jarang dikalangan penjual makanan ringan. Begitu
pula dengan “puding nyusss” meskipun sudah banyak inovasi dan penjual puding
tapi hal itu tidak menyurutkan kami untuk menjual produk tersebut karena kami
memiliki pembeda atau ciri khas tersendiri dalam produk kami yang satu ini.
- Pemasaran Produk
Setiap
perusahaan yang didirikan perlu mempunyai tujuan yang jelas mengenai berbagai
target dalam sebuah pencapain suatu usaha. Target tersebut meliputi dua bentuk
yaitu berupa target dalam hal materi dan non-materi. Tahapan mengidentifikasian
sangat diperlukan untuk mengetahui segmen dan kebutuhan pasar. Hal ini
dilakukan cara melakukan observasi secara langsung untuk memperoleh informasi
secara langsung terhadap keadaan pasar dan mengenai peluang yang dapat
diperoleh.
Dari observasi ini kami dapat
melihat bahwa dua produk kami ditujukan untuk berbagai lapisan masyarakat dari
semua penjuru daerah khususnya yang berdomisili di daerah Tangerang dan
sekitarnya. Produk usaha ini adalah berupa jajanan ringan atau cemilan dan
segmentasinya mengarah kepada sektor anak muda atau remaja. Kalangan remaja
juga sebagai salah satu tujuan awal dalam pemenuhan target dari komoditas
penjualan awal perusahaan kami. Dengan memberikan cita rasa terbaik, kualitas
dan harga yang menarik menjadikan strategi kami dalam rencana segmen perusahaan
serta juga untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin lama semakin membutuhkan
inovasi baru terutama dibidang kuliner.
Dilihat
dari segi peluang usaha ini berpotensi baik untuk kedepannya dilihat dari cita
rasa yang berbeda serta harga yang terjangkau menjadikan peluang untuk mendapat
pelanggan yang banyak dan besar. Faktor lainnya yaitu tetap mengutamakan mutu
dari produk kami sendiri sebelum sampai di tangan para konsumen.
Suatu
penjualan produk yang dapat dikatakan berhasil dapat dilihat dari segi
perencanaan penjualannya. Perencanaan penjualan sangat dibutuhkan mengingat
suatu target penjualan disuatu perusahaan tidak akan tercapai apabila tidak
memiliki konsep dan strategi penjualan yang baik. Perusahaan kami mengguanakan
spanduk, brosur dan lainnya sebagai media cetak untuk memperkenalkan usaha kami
kepada konsumen. Selain itu, dengan
melakukan door to door di mulai dari lingkungan sekitar tempat
tinggal. Lalu dengan menyebarkan usahanya dengan menggunakan teknologi berupa
penggunaan sosial media dengan baik dan benar.
Selain itu, usaha penjualan dari produk kami
ini terletak di kantin sekolah SMK Prudent School dan tepatnya pada ruangan
keuangan yang nantinya akan diselenggarakan sebuah bazar makanan. Dan
perusahaan kami menjadi salah satu anggota pengisi acara tersebut. Dengan diselenggarakannya
acara yang sangat bermanfaat ini kami sangat senang karena dapat memperkenalkan
dan memasarkan produk kami secara langsung sekaligus launching produk kami untuk pertama kalinya. Hal ini kami gunakan
juga sebagai awal untuk mencari konsumen. Penjualan kami tidak hanya dilakukan
di satu tempat atau stand kami saja
tetapi, ada salah satu karyawan kami yang akan melakukan penjualan keliling
yang lokasinya masih berada di sekitar sekolah.
0 komentar:
Posting Komentar